Wednesday 3 September 2008

S31 Goes to Sendang Biru

Dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadhan keluarga besar Selorejo 31 mengadakan acara nyekar bersama pada tanggal 30 Agustus kemaren. Agendanya sih mo nyekar kemakam Yangkung, Yangti en mama Cista. Tapi ternyata acara berlanjut ke Sendang Biru. Sayang beribu sayang, bu Nyai sebagai wartawan utama ga bisa turut hadir karena satu dan lain alasan hal.

Berikut laporan dari biro Kota Malang, yang dilaporkan oleh agen Cizta.

*****

Malang, 30 Agustus 2008

07.30 - Pasukan Karah baru tiba diS31. Langsung bongkar muat bontotan...

08.30 - Rombongan siap berangkat. Semua pasukan udah pada stand by. Tinggal ngecek bontotan, jangan sampe ada yang ketinggalan. Bisa mati gaya kalo sampe ada yang ketinggalan..!!

Rombongan terbagi menjadi 2 armada, which were Innova en Panther. Innova drivernya si calon new comer S31, mas Miming. Penumpangnya ada pakde Hari, bu Hari, Irmaya, Aku, en Ayu sing ayu dhewe. Sedangkan Panther drivernya pak Kris, di navigatori pak Herman. Penumpangnya ada bu Kris, bu Herman, Lala, en Dio yang suaranya dah kayak 'cowok'.

Sebelum rombongan berangkat, Pak Herman mo masukin Xenia-nya dulu kedalam rumah. Kita para pasukan dah mulai naik ke dimobil yang dua tadi, setelah ini siap meluncur. Tau tau kedengaran suara " GUBRAAAKKKK…!!!!! "

What the hell…

Kita semua yang udah mau masuk mobil jadi spontan noleh. Ternyata dari arah atas ada sepeda motor yang melaju dengan kecepatan tinggi nabrak bokong mobil pak Herman yang udah setengah bodi mo masuk halaman rumah.

Si pengendara motor adalah seorang bapak bapak yang sedang membonceng anaknya ceweknya. Akibat tabrakan kecil itu, mereka berdua terpental en ndelosor. Anaknya jatoh dan mengalami luka luka dibagian kaki. Si bapak langsung terbangun dari jatuhnya dan langsung nyamperin pak Herman dengan emosi tingkat tinggi. Muntab abis si bapak.

Langsung aja penduduk kanan kiri S31 pada keluar. Apalagi bengkel depan rumah lagi lumayan rame. Situasi jadi tegang.

" Heh Pak ! Seng genah lek nyupir montor!! Gag ndelok onok sepeda ta !? " Hardik si bapak pengendara motor dengan memasang gaya petentang petenteng seolah olah tidak bersalah. ( wonge megelno soro plus nggatheli rupane iku,...chizta )

P. Man yang masih berada diatas mobil, dengan santai membuka kaca jendela depan dan tetep stay cool. " Onok opo pak...? "

" Seng genah lek nyupir montor!! Gag ndelok onok sepeda ta !? " Diulangi lagi pertanyaanya.

Orang orang sekitar rumah pada liat semua. Si bapak rupanya mau nganterin anaknya kerja. Si anak cewek terluka kakinya. Rupanya terjepit teralis got depan. Celana jinsnya robek. Telapak tangannya berdarah. Kasian. Langsung aja dia dipapah dan dibawa kerumah Pak Imam penjual gorengan depan rumah. Segera diobati dan diberi minum agar reda kagetnya.

P. Man turun dari mobil, " Opo pak ? Lha yo’opo wong wes ngerti onok montor kate menggok, kok sik bwanter ae... " Masih dengan gaya cool...
Si Bapak tambah mangkel liat Pak Man yang sante sante aja gayanya. " Lha sampeyan gag nge-reting!! Yo’opo iki terus ??? " Juga masih dengan gaya petentang petenteng sing mangkelno.

Gag berapa lama, 'seng mbaurekso' S31 alias kepala suku S31, Tante Uchik turun tangan..
Iki lakone rek. Bakalan seru ini. Mana situasi depan rumah semakin memanas karena si bapak mulai melotot dan nduding nduding atawa nunjuk nunjuk kearah Pak Man.

Warga sekitar S31 hanya diam membisu, termasuk para tetangga dan orang bengkel depan yang tadi ikut menyaksikan kejadian. Gag ada yang berani buka suara. Speechless...

Te Uchiq langsung nimbrung diacara otot ototan bapak dan Pak Man, " Hee pak, seng genah lek numpak sepeda motor!! Wes ngerti dalane cilik, buanter ae..! "

" Lha salahe kate menggok gag nge-reting..!! " Si bapak membela diri.

" Pak, aku iki yo melok ndelok. Aku iki yo saksi mata!! Montore wes nge-reting, sampeyan nyeruduk ae gag sabaran. Wes ngerti dalan cilik di get no ae..!! Jenenge montor lek wes mari menggok iku, riting mesti otomatis mati ! " Te Uciq bangeeeeut....

Si bapak tetep ga terima dan minta pertanggung jawaban..

" Wes urusan polisi ae!! Saksine akeh, wes jelas sopo seng salah sek ngengkel ae..!!! " Ujar Te Ucieq setengah nantang.
" Trus, yo’opo iki sepedaku?? "
" Lha montorku yo’opo!!!??? Ngene ae wes, aku ndandani sepeda motore sampeyan, anakmu tak ke’i duwek gae berobat. Lha sampeyan dandanono montorku..!!!! Gag cukup 500 ewu lo iki..!! Iso sak juta barang… Yo’opo??? " Tantang te Ucieq.

Si bapak diem. Keliatan sedikit ketakutan. Trus dia nelpon temennya untuk segera datang dilokasi. Ga berapa lama temennya datang. Setelah ( disuruh ) melihat kondisi mobil Pak Man, ndilalah temennya bilang, “ Ooo yo gag cukup 500rb iki, iso lebih ” Si bapak merasa tidak dapat membela diri lagi.

Te Yanik yang males urusan menjadi panjang, kemudian nyuruh Om Herman ngasih duit aja ke bapak itu, yang sedang memegangi anaknya yang keliatan masih shock dan kesakitan..

Akhirnya setelah adegan yang cukup panas dan menegangkan, semuanya beres. Yo gara gara ditantang benerin mobil, si bapak langsung mingkem.

09.00 - Lets go. Sendang Biru, We're comiiiing......!!!!!!!!!!!!!!

Suasana didalam innova adem ayem ajah. Sedangkan suasana di panther, riuh rendah, kruyuk kruyuk, masih tetep bahas tragedy barusan. Te Uchik yang masih esmosi digodain ma anaknya, “ Pake es batu mi, taruh dada biar dingin...” sementara yang mobilnya baru ditabrak, terlelap dengan suksesnya.. Hiyaaaaa!!!

Innova memimpin perjalanan. Karena itu posisinya berada didepan, sebagai penunjuk jalan. Ternyata setelah 1,5 jam perjalanan, Pakde Hari baru ngasih tau driver kalo rombongan ga langsung ke Sendang Biru, tapi kerumah temen Pakde dulu. Pakde udah janjian ama temennya disuatu meeting point, yang ternyata eh ternyata Pakde juga gak tau dimana tempatnya ! Setelah hampir 1,5 jam nanya nanya, nyasar, muter muter di jalan yang sama, akhirnya ketemu juga ama temennya itu. Setelah dipandu, lokasinya ternyata sudah kita lewati 3x !

Langsung penonton bersahutan," Lhooo iki lak dalan seng maeng, brati maeng iku wes bener, lapo dadak munyer munyer...” *Te Yanik mode on*
Pakde Hari yang jadi sasaran dengan tenangnya bilang, “ Namanya juga tamasya, lumrah lek onok nyasar nyasare”
“ Waaaa iki yo gak nyasar jenenge, yo ngene iki lek malu bertanya, akhirnya sesat di jalan tenan” *still,Te Yanik mode on*
Ternyata dari tempat meeting point tadi tu masih jauh untuk menuju rumah ‘teman lama’ Pakde. Medannya bener bener gag bisa diajak mufakat, asli makadam. Mana swempit pulak. Errrggghhhh......

Akhirnya sampe juga dirumah PAK TOTOK, temen lamanya Pakde Hari. Langsung disambut istri dan anak anaknya begitu kita masuk. Disambut juga dengan hidangan ala desa, yo jajan desa gitu lah. Ada wajik, ketan, dan beberapa nama makanan yg aku gag tau apa itu. Ada pisang goyeng ma pohong goyeng juga. Trus ada es degan en teh sak poci...

Bener bener welcome party. Tujuan pertamaku adalah, kamar mandi. Uuuuuu.... I miss U ! Secara udah pada ga nahan lagi setelah perjalanan panjang yang membosankan tadi.

Setelah ngobrol ngobrol bentar, tiba juga saatnya MAKAN…….!!!!!!!
Edun pisan euy, sajiannya ciamik juga, desa banget sih. Tambah ndeso, tambah huenak. Tapi karena udah lapar banget, duh gag pake nunggu lama lama deh.

Menunya ada bandeng dibumbu bali, lodeh, tahu tempe goreng, pepes tongkol, cap cay minimalis (kapri, udang, wortel, en ayam). Sayur asem juga ada, dan gag ketinggalan sambel ulek sak cowek… *ikutan lapeeer...,mae*

SERBUUUUUUUUUUUU………

Dah kenyang makan, kita kita langsung menikmati suasana desa yang ndeso banget itu... *I wish I was there too, hiks... mae*

Pas mau pamitan nih, ganas jeh, dibawain pisang sak glangsi, degan 6 biji, kelapa 2 biji, salak, koro, pisang dan pohong goreng yang di meja juga ikut diangkut. Irma yang jarang angkut angkut ternyata ngangkut permen ting ting jahe sak toples…!!! Bude Tatik juga metik koro di kebon belakang. Te Yanik juga pertamanya anyi anyi en malu malu kucing ma kopi bubuk yg diolah sendiri, kopi luwak gitu katanya. Tapi akhirnya diangkut juga. Mereka punya kebon kopi di belakang rumahnya. Benar bener antusiasme yang luar biasa dari rombongan tamu ini :D

14.00 - Perjalanan menuju Sendang Biru berlanjut. Ternyata gag kalah ganas dari yang tadi.
Jalannya kelokkelok, curam, sempit, apalagi yang duduk dibelakang which were Ayu en Me langsung mual dan pusing. Aku yang gag tahan lagi, akhirnya muntah. Ayu udah keringetan gitu tapi masih bisa nahan.

14.45 - The beach…the beach… Here we coooomeeee !!!!!!!!!!!!!!!
Gag pake nunggu lama lama kita langsung naek perahu. Tapi untuk mencapai perahu, musti jalan dulu agak ke tengah pantai gitu. Karena perahunya gag bisa benar benar merapat. Alhasil kita musti nyincing celana ampe sak dengkul... kebayang dalemnya laut semana dong.

Naek perahu menuju menuju Pulau Sempu…

Tidak lupa pula foto foto…*wajib*
Cuma 10 menitan kok. Ya cuma nyebrang aja gitu..
Pulau Sempu tu pulau tak berpenghuni. Cuma ada monyet dan katanya juga sih ada macan, dan ularnya juga banyak. Katanya....

Sampe di pulau Sempu, dari perahu kita musti jalan ( lagi ) dikit untuk sampai kebibir pantai. Begitu sampe, langsung lepas sandal dan ambil posisi masing masing, cari angle yg oke. Buat foto dong pastinya…
S31ers...
Hot Spouse : Irmaya - Mas Miming

Akhirnya karena takut kemaleman di jalan, pukul 16.30 kita semua kembali keperahu untuk nyebrang kembali ke Sendang Biru. Lengket semua. Setelah bilas bilas bentar, kita cabut. On the way went home...

Sampe di Malang udah jam 19.00. Kita mampir dulu buat makan di Bakso Kota. Pada kelaperan semua ini...

Tiba di rumah sekitar jam 20.00. Ternyata udah ada Pak Totot ama Ari. Langsung kita buka press conference soal kejadian tadi pagi ke pak Totot. Usut punya usut…ternyata Pak Herman itu emang gag nge riting pas mau belok. Lha tapi Te Uchik udah kadung ngotot, ngomong ke bapak pengendara motor tadi, kalo Pak Man tuh emang udah ngeriting !

Langsung deh, penonton jadi... GGGGGRRRRRR !!!!! *huahahahahahaha*

Seng penting ngeyel sek, itulah S31..

BERSATU KITA TEGUH BERCERAI KITA JATUH….!!!!!!!!!!!!!!!!

* wadoh, sori yo bahasane setengah Pojok Kampung :D*

Written by Chizta. Edited and posted by Mae.

No comments: