Tuesday 30 September 2008

Catatan Mudik #1 : Persiapan

Surabaya
Sabtu, 27 September 2008

Hari terakhir di Surabaya, sebelum mudik. Lagi lagi, untuk yang kedua kali di Ramadhan tahun ini, aku gak sahur. Atau lebih tepatnya tidak bangun sahur untuk menyiapkan makan sahur. Bangun bangun dah jam 5 pagi. Alarm hapeku tidak bunyi. Padahal sudah aku setel dengan ringtone yang super berisik dengan volume yang aku yakin raksasa yang sedang tidur aja, pasti akan terbangun saking kerasnya. Tapi entah kenapa - alasan yang sama dengan yang pertama - hapeku membisu. Felt so bad. Papa sih senyum senyum aja. Muaap paa... Baksomu sing mbok tuku gawe sahur gak sido kepangan.

Pagi itu aku langsung nyelesein satu peer bikin kue kering yang terakhir. Bikin kastengel. Cuma dikit, abis dah kepepet waktunya. Trus ngelembur sampe siang *lembur kok siang siang* nyelesein seterikaan yang segudang en sugunung gunung. Ketahuan deh kalo kemaren kemaren abis dijemur langsung ditumpuk tumpuk sampe jadi gunung. Abis itu mulai ngisi koper. Kalau biasanya aku cuma butuh satu koper buat nampung baju baju kami bertiga, sekarang ga bisa lagi. Dulu baju baju Tasya sih masih imut imut, jadi bisa diselipin sana sini. Sekarang aku siapin satu koper khusus buat baju dan perlengkapannya. Dan penuh ! Total aku bawa 2 buah koper dan 2 tas jinjing. Wuiiih, dasar gak bisa praktis klo kemana mana.
Sorenya, sempetin nyiapin tanaman buat ditinggal mudik. Jam 9 malem waktu semua kusuruh masuk kamar, langsung bersihin rumah en ngecek ngecek kamar,ruang ruang, dan sudut sudut rumah, biar ga ada yang tertinggal atau yang belum diberesin. Kabel kabel, colokan listrik, en benda benda yang bisa mengundang semut segera diberesin. Setelah mempersiapkan segala tetek bengek logistik mudik, baru deh persiapin energi untuk besok pagi.

No comments: